Kegiatan Uncategorized

Penyuluhan Kemahiran Berbahasa Indonesia bagi Guru SD dan SMP di Kabupaten Sambas

Upaya pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia perlu terus ditingkatkan, agar kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia dapat menjadi sarana komunikasi dan mampu menempatkan diri sejajar dengan bahasa-bahasa lain di dunia.

Salah satu upaya yang dilakukan dalam pembinaan bahasa Indonesia adalah pemasyarakatan bahasa Indonesia. Kegiatan pemasyarakatan bahasa Indonesia selain dimaksudkan untuk meningkatkan sikap positif masyarakat terhadap bahasa Indonesia, juga untuk meningkatkan mutu penggunaan bahasa. Kegiatan pemasyarakatan bahasa Indonesia itu perlu dilakukan secara terus-menerus agar dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat dan diarahkan pada upaya memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa.

Pembinaan bahasa Indonesia pada berbagai lapisan masyarakat masih menghadapi tantangan yang cukup berat, khusunya kalangan guru. Oleh karena itu, Balai Bahasa Kalimantan Barat berupaya dalam hal peningkatan sikap positif para guru terhadap bahasa Indonesia dan peningkatan mutu penggunaan bahasa Indonesia dalam ranah pendidikan.

Balai Bahasa Kalimantan Barat dalam melaksanakan pemasyarakatan bahasa Indonesia dilakukan melalui penyuluhan. Pada kegiatan penyuluhan kali ini dilaksanakan di Kabupaten Sambas.

Kegiatan ini dilaksanakan di S MPN 1 Sambas selama empat hari, tanggal 30 September s.d. 3 Oktober 2019.