Kegiatan Uncategorized

PELATIHAN PENULISAN CERITA RAKYAT BAGI SISWA SMA SEDERAJAT SEKABUPATEN KUBU RAYA 2019

Saat ini cerita rakyat kurang diminati oleh masyarakat, terutama di kalangan anak-anak. Seringkali cerita rakyat dianggap kuno, monoton, dan dianggap tidak cocok dengan perkembangan jaman.

Selain itu, dampak perkembangan teknologi digital membuat anak-anak lebih menyukai sumber informasi yang ditampilkan di televisi, internet, gadget/gawai, dan lain sebagainya daripada membaca buku. Kekhawatiran orang tua dan para pendidik terhadap perkembangan teknologi digital adalah karena pengaruhnya bagi pengembangan kepribadian anak yang sebagian tidak sesuai dengan etika dan norma masyarakat Indonesia. Walaupun, sesungguhnya melalui teknologi digital pun cerita rakyat dapat disebarluaskan dan dilestarikan. Tentu saja dengan penulisan dan penyampaian yang menarik tanpa mengurangi nilai-nilai budaya yang terkandung dalam cerita rakyat tersebut.

Pelatihan menulis cerita rakyat ini diharapkan dapat menyalurkan kreativitas sekaligus meningkatkan keterampilan menulisnya dan juga menjadi upaya pembudayaan literasi di masyarakat khusunya di kalangan siswa atau anak-anak. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat terdokumentasikannya cerita-cerita rakyat dan nilai-nilai budaya yang terdapat di kalangan masyarakat, khususnya anak-anak dan generasi muda sebagai penerus bangsa.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Balai Bahasa Kalimantan Barat memandang perlu mengadakan kegiatan “Pelatihan Penulisan Cerita Rakyat bagi Siswa SMA Sederajat Se-Kabupaten Kubu Raya” pada tanggal 8 s.d. 11 April 2019 di Kubu Raya.

Tinggalkan Komentar