Artikel Bantuan Teknis Kebahasaan Berita Ensiklopedia Galeri Kabar Bahasa Kegiatan Komunitas Menulis Layanan Perpustakaan Produk Profil Sastra Uncategorized Unduhan

Bimbingan Teknis Penguatan Jejaring Kemitraan Program BIPA 2018

BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing) adalah program pembelajaran keterampilan berbahasa dan kebahasaan bahasa Indonesia bagi penutur asing. Pengajaran BIPA mempunyai peran yang sangat penting dan strategis dalam memperkenalkan Indonesia yang kaya akan budaya kepada masyarakat Internasional.

Demi meningkatkan fungsi bahasa Indonesia menjadi bahasa pengantar di wilayah ASEAN dan menginternasionalisasi bahasa Indonesia di dunia, perlu upaya untuk melatih sumber daya manusia dalam menguasai keilmuan BIPA serta bekerja sama dengan pemangku kepentingan terkait lainnya untuk mengembangkan bersama kegiatan kemitraan kebahasaan dan kebudayaan di tempat penugasan masing-masing khususnya di Provinsi Kalimantan Barat dalam upaya menjalankan fungsi penyebaran bahasa Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.

Upaya tersebut secara nyata dilaksanakan Balai Bahasa Kalimantan Barat yang merupakan perpanjangan tangan dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud, salah satunya dengan melakukan Bimtek Penguatan Jejaring Kemitraan Program BIPA dengan Pemangku Kepentingan Terkait khususnya di Wilayah Kalimantan Barat.

Pada Selasa, 11 s.d. 12 Desember 2018, Balai Bahasa Kalimantan Barat mengadakan “Bimbingan Teknis Penguatan Jejaring Kemitraan Program BIPA” yang diikuti sebanyak 30 orang peserta dari berbagai instansi dan Perguruan Tinggi yang ada di Kalimantan Barat, diantaranya LPMP Kalimantan Barat, BP PAUD Kalimantan Barat, BPNB Kalimantan Barat, FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak, FKIP IKIP PGRI Pontianak, dan IAIN Pontianak.

Bimtek ini merupakan program penguatan jejaring kemitraan dari Balai Bahasa Kalimantan Barat yang bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola BIPA, kualitas pengajar BIPA, juga untuk para pendidik di bidang kebahasaan yang ada di Perguruan Tinggi terutama terkait kompetensi dan skill mereka. Para peserta diberikan materi khusus agar mereka memiliki kompetensi pengajaran BIPA dan kompetensi profesional kebahasaan. Bimtek berlangsung selama 2 hari di Aula Balai Bahasa Kalimantan Barat, dengan narasumber dari Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan (PPSDK) Kemdikbud, Ibu Helena Indyah Ratna Agustien, Ph.D. (Lektor Kepala  UNS Semarang), dan Kepala Balai Bahasa Kalimantan Barat.

Dengan adanya Bimtek Penguatan Jejaring Kemitraan Program BIPA ini, diharapkan mitra program BIPA dari Balai Bahasa Kalimantan Barat dapat ikut serta dalam memperkenalkan, mempromosikan, dan mensosialisasikan, serta menyebarluaskan bahasa Indonesia kepada masyarakat Internasional. Sekaligus menjadi media untuk menyampaikan berbagai informasi tentang Indonesia, termasuk memperkenalkan masyarakat dan budaya Indonesia, sehingga orang asing yang mempelajari bahasa Indonesia akan semakin memahami masyarakat dan budaya Indonesia secara lebih komprehensif.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar