Kegiatan

Fatmawati: Menulis Diari itu Penting

Fatmawati penulis puisi dan cerpen yang berprofesi sebagai guru bahasa Indonesia menjadi narasumber Dialog Komunitas Sekolah Siswa SMK/MA Negeri dan Swasta di Aula Balai Bahasa Kalimantan Barat.

fatmawati penulis cerpen puisi
Ia menceritakan pengalaman kreatifnya sebagai penulis. “Menulis diari itu penting,” kata Kepala Sekolah SMAN 3 Pontianak ini. Ia selalu membawa diari untuk mencatat dan menulis peristiwa sehari-hari yang terjadi dalam kehidupannya.

Menurut guru berprestasi tingkat nasional ini gara-gara menulis ia bisa jalan-jalan ke Eropa, Cina, dan umrah ke tanah suci. Selanjutnya, penulis buku “Kumpulan Puisi Mereka Minta” mengemukakan bahwa ada tujuh teknik yang bisa diterapkan agar dapat menulis puisi, (1) teknik nama, misal Fatmawati, F itu untuk Fatamorgana melayang jauh, (2) teknik epigonal, pengekoran terhadap puisi-puisi yang ada, (3) teknik lengkapi puisi, (4) teknik outbound, (5) teknik bergambar, (6) teknik panggil penggalaman, dan (7) teknik baca. “Jangan pernah takut untuk memulai dan menulis,” tegas Bu Fatma.

Tinggalkan Komentar