Kegiatan

Dialog Komunitas Media Massa Lokal dan Penulis Sastra Kalbar

Balai Bahasa Kalimantan Barat lagi-lagi menyelenggarakan kegiatan dialog komunitas pada tanggal 11 dan 23 Agustus 2016. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan dan membina komunitas bahasa dan sastra di Kalimantan Barat. Kegiatan dilaksanakan di Aula Balai Bahasa, Jalan Ahmad Yani, samping Museum Kalimantan Barat, pada pukul 15.30 s.d. 22.00 WIB.

Dialog ini dilaksanakan bagi komunitas media massa lokal dan penulis sastra di Kalimantan Barat. Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengikuti prosedur persyaratan yang ditentukan panitia. Narahubung kami Pak Dedy dapat dihubungi melalui pos-el dialogbbkb@yahoo.com. Silakan membaca keterangan dan ketentuan berikut.
Pertama, dialog bagi komunitas media massa lokal yang akan diadakan hari Kamis, 11 Agustus 2016. Peserta yang terlibat dalam dialog ini adalah para jurnalis media cetak, radio, televisi, dan daring (online). Selain itu, peserta dialog juga melibatkan mahasiswa dan guru sebagai representasi pembaca/penonton media massa.

Dengan demikian, diharapkan akan terjalin sebuah diskusi konstruktif antara pembaca/penonton dan jurnalis selaku penulis berita. Alhasil, tercipta sebuah kesadaran bersama di kalangan jurnalis Kalimantan Barat untuk menggunakan bahasa Indonesia yang benar. Selain itu, diharapkan kegiatan ini menjadi ajang untuk berbagi wawasan mengenai strategi menulis yang baik dan menarik di media massa.

Ada empat narasumber yang berbicara dalam dialog tanggal 11 Agustus 2016 ini. Keempat narasumber tersebut adalah pakar bahasa dari Balai Bahasa Kalimantan Barat Dedy Ari Asfar, Kepala Biro Antara Kalimantan Barat Teguh Imam Wibowo, Redaktur Pontianak Post Budi Miank, dan Wartawan Media Indonesia Aries Munandar.

Syarat untuk menjadi peserta dalam dialog tanggal 11 Agustus 2016 adalah mengirimkan sebuah tulisan berbentuk berita yang pernah dibuat, soft news, straight news, atau feature mengenai apa pun boleh. Kuota peserta dari kalangan jurnalis akan kami undang secara khusus berdasarkan daftar yang diberikan teman-teman pengurus Forum Bahasa Media Massa (FBMM) Kalimantan Barat. Kuota terbuka yang tersedia bagi guru dan mahasiswa untuk menjadi peserta dibatasi hanya 18 orang. Silakan segera mengirimkan pos-el yang berisikan nama, utusan, alamat, tulisan (lampirkan), dan nomor selular yang aktif sehingga dapat menjadi nomor kontak konfirmasi keikutsertaan dalam kegiatan oleh panitia. Peserta akan diseleksi oleh panitia dan dihubungi jika diterima sebagai peserta.

Kedua, dialog bagi komunitas penulis sastra di Kalimantan Barat akan diadakan pada hari Selasa, 23 Agustus 2016. Kegiatan ini menghadirkan penulis terkenal nan produktif Masri Sareb Putra dan peneliti sastra dari Balai Bahasa Kalbar Musfeptial.

Dialog sastra ini akan membincangkan perkembangan dan aksi nyata penulis sastra Kalimantan Barat oleh Musfeptial dan dialog karya dan seluk-beluk penulisan cerpen oleh Masri Sareb Putra. Kegiatan ini diharapkan menghasilkan rekomendasi dari para penulis sastra dalam pembinaan dan pengembangan sastra berkualitas di Kalimantan Barat.

Syarat untuk menjadi peserta dalam dialog tanggal 23 Agustus 2016 adalah mengirimkan sebuah draf atau tulisan jadi berbentuk cerpen yang belum pernah diterbitkan. Kuota yang tersedia bagi peserta dalam kegiatan ini sebanyak 60 orang. Silakan segera mengirimkan pos-el yang berisikan nama, utusan, alamat, cerpen (lampirkan), dan nomor selular yang aktif sehingga dapat menjadi nomor kontak konfirmasi keikutsertaan dalam kegiatan oleh panitia. Peserta akan diseleksi oleh panitia dan dihubungi jika diterima.

Sekali lagi, jangan lupa pos-el panitia adalah dialogbbkb@yahoo.com. Kegiatan ini gratis dan tidak dipungut biaya. Jika ada yang mengatasnamakan panitia dengan meminta biaya pendaftaran, tolong laporkan kepada Kepala Balai Bahasa Kalimantan Barat. Selanjutnya, jika ada pertanyaan silakan menghubungi kami di Balai Bahasa Kalimantan Barat, Jalan Ahmad Yani, samping Museum Kalimantan Barat.

Tinggalkan Komentar